Sukses

Kulit Kaki Mengelupas

27 Aug 2015, 09:30 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat siang dokter..... Dokter, kulit kaki kanan sodara saya seperti ganti kulit tp sampai berbentuk luka dan bernanah itu kira2 kenapa ya? sudah berobat ke dokter tdk ada perkembangan, dibersihkan menggunakan alkohol, sudah minum antibiotik, obat alergi tp tdk juga sembuh. telapak tangan juga mengelupas tp tdk sampai luka. Terima kasih untuk jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kulit yang terkelupas bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, bisa karena trauma, infeksi atau reaksi alergi.

Kulit telapak kaki yang mengelupas hanyalah satu gejala dari sebuah diagnosa yang harus ditemukan.

Salah satu kondisi medis yang menyebabkan pengelupasan pada kulit adalah dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu).

Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter.

Untuk mengetahui sebab pasti yang melatarbelakangi pengelupasan kulit pada telapak kaki, kami saranakan saudara  Anda untuk memeriksakan anak ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar