Sukses

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

14 Jan 2015, 22:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya. 8 bulan lalu saya lahiran kemudian saya melakukan suntik KB 3 Bulan pada masa KB itu hampir setiap hari mengeluarkan bercak darah. kemudian saya konsultasi dengan dokter disini lalu saya di kasih obat pemberentinya (dibulan november lalu) dan di bulan november tersebut saya datang haid secara nnormal selama seminggu. Yang saya tanyakan mengapa dibulan selanjutnya saya tidak haid kembali ya dok. apakah saya hamil ?? lalu KB apa yang cocok untuk saya dok ?? Terima kasih.

Terima kasih telah menghubungi layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan dan/atau pil pemberhenti mens sementara) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama. Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Bila Anda merasa terganggu dan tidak cocok menggunakan KB suntik hormonal Anda dapat beralih ke metode KB non hormonal seperti menggunakan kondom, coitus interuptus ( suami ejakulasi di luar vagina, menggunakan spiral (intrauterine device). Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter sebelum menentukanpilihan KB yang akan Anda gunakan.

Berikut kami lampirkan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Spiral : Cara Jitu Menghindari Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar