Sukses

Penanganan Pterigium

27 Aug 2015, 09:33 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok. Saya mau tanya mengenai mata yang terkena pyterigium, memang saya belum melakukan pemeriksaan langsung kerumah sakit mengenai mata saya. tetapi dari hasil informasi yang sering saya baca dan dari tanda-tanda yang terjadi pada area mata saya. sepertinya saya terkena pyterigium. yang ingin saya tanyakan dok. apakah pyterigium sifatnya semakin membesar atau tidak? haruskah saya melakukan pemeriksaan dok. karena saya merasa bercak putih dimata saya semakin meluas kearah bola mata hitam saya. padahal dari yang saya baca untuk menghindari bercak itu semakin membesar dapat dengan cara menghindari cahaya matahari langsung atau menghindari debu dan asap langsung ke mata. sudah saya lakukan dok. saya juga ingin bertanya dok. apakah kaca mata bisa menjadi membantu penyembuhan atau penanganan pyterigium.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sekilas kami akan membahas mengenai pterigium. Pterigium adalah pertumbuhan fibrovaskular (lapisan serabut dan pembuluh darah) konjungtiva (lapisan putih di mata) yang bersifat degeneratif dan invasif. Pterigium berbentuk segitiga dengan puncak di bagian sentral. Diduga keluhan ini disebabkan karena iritasi kronis akibat debu, sinar matahari, dan udara yang panas. Penyebabnya tidak diketahui dengan jelas namun diduga merupakan suatu radang dan degenerasi (proses menua). 

Pengobatan tidak diperlukan karena umumnya sering kambuh pada pasien yang masih muda. Jika terjadi iritasi atau peradangan pada mata, dokter akan memberikan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi inflamasi. Untuk mengambil atau menghilangkannya memang hanya bisa dilakukan dengan operasi atau pembedahan. Namun umumnya hal ini dilakukan apabila pterigium menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pterigium tidak mengancam nyawa. Apabila Anda tidak mau dioperasi maka untuk mencegah pterigium sering meradang dan kambuh atau menjadi besar, lindungilah mata Anda dari sinar matahari, debu, dan udara kering dengan menggunakan kacamata pelindung.

Terdapat berbagai jenis obat tetes mata. Tergantung dengan penyebab timbulnya keluhan mata, maka tetes mata yang diberikan pun berbeda-beda. Jika pemilihan obat tetes mata tidak sesuai dengan penyebabnya maka keluhan mata merah dapat terus berlanjut bahkan menjadi bertambah parah. Karena itu penggunaan obat tetes mata sebaiknya berada di bawah pantauan dokter. Obat tetes mata tidak boleh digunakan secara sembarangan, dan berlarut-larut. Penggunaan obat tetes mata yang tidak sesuai anjuran dan berlarut-larut dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar