Sukses

Kadar Trigliserida yang tinggi

14 Jan 2015, 23:42 WIB
Pria, 43 tahun.

Siang Dok Sy memiliki riwayat trigliserid yang tinggi. diketahui sejak th 2000. lalu sy diberi hypofil dan diminta jaga makan. sempat membaik. lalu diberi pula Simvastatin selama beberapa tahun ( tetapi tidak rutin ).2 tahunan ini trigliserid sy selalu tinggi ( diatas 250, dibawah 300 ). lalu diberi Crestor 20 mg selama 20 hari. Setelah itu semuanya Normal. Lalu dicoba dengan Crestor 10 mg selama 20 hari pula, ternyata naik kembali sampai 279. Saya disarankan minum Crestor 20 mg lagi. Bagaimana menurut dokter? karena saya takut dengan efek jangka panjangnya. Utk info : Keduaorang tua saya dan keluarga mereka semuanya berkolesterol tinggi. Terimakasih dok.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya mengerti kekhawatiran anda. Sebelum menjawab pertanyaan anda saya lampirkan kadar optimal dari profil lemak orang normal:

  • Kolesterol total < 200 mg/dl
  • LDL < 160 mg/dl
  • HDL ≥ 60 mg/dl
  • Trigliserida < 200 mg/dl.

Berdasarkan data yang anda sampaikan, kadar trigliserida anda melebihi batas normal.  Untuk itu, untuk 3 bulan pertama dianjurkan untuk melakukan modifikasi gaya hidup dengan pola makan, istirahat dan olahraga yang baik. Setelah itu, dalam 3 bulan dilakukan pemeriksaan ulang untuk menentukan langkah selanjutnya apakah perlu diberikan obat lain. Jika kadar kolesterol lebih tinggi daripada normal memang dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung

Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. kurangi makanan fast food / junk food.

Berikut beberapa sumber makanan rendah kolesterol yang perlu Anda ketahui:

  1. Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng
  2. Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak
  3. Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas
  4. Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum
  5. Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan
  6. Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah).

Untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, Anda dapat melakukan medical check up untuk wawancara medis dan pemeriksaan lengkap. Kondisi kesehatan dapat diketahui setelah wawancara medis dan pemeriksaan lengkap serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Kami menyarankan anda agar menjaga gaya hidup anda dengan seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Untuk mengatasi kolesterol, anda harus mengubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup sehat. Minta keluarga dan teman untuk selalu mengingatkan anda agar disiplin menjalani gaya hidup sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,
Semoga dapat bermanfaat.
Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar