Sukses

Bayi Sering Terbangun Malam Hari untuk Menyusu

14 Jan 2015, 22:28 WIB
Pria, 28 tahun.

Siang dok.. Saya pny baby 16m, tiap malam ( antara jam 12.00-04.00 subuh) baby saya itu selalu bangun minta disusui (asi), dia bangun 2-4 kali dok.. Normalkah baby saya tu atau dia mengalami gangguan tidur dok? Soalnya saya tanya spupu yg kbetulan pny baby seumur baby saya tu anakny tidur kyk org dwasa jam 9 tidur jam 5/6 pagi baru bangun..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Banyak orangtua yang mempertanyakan berapakah jumlah ASI yang harus dikonsumsi oleh bayi mereka dalam perharinya. ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Sedangkan istilah ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan dan meneruskan pemberiannya sampai berumur 2 tahun.

Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Menurut penelitian (Boston Children Hospital) anak yang diberi ASI memiliki tingkat bahasa dan intelegen (IQ) lebih tinggi dalam kehidupannya nanti.

Pada minggu-minggu pertama kehidupan akan terjadi peningkatan kebutuhan ASI. Lalu jumlahnya akan menetap sampai bulan keenam. Tetapi hal ini terdapat pengecualian jika bayi tersebut sedang terjadi masa growth spurts dimana terjadi peningkatan kebutuhan ASI. 

Growth spurts adalah saat dimana tubuh bayi tumbuh lebih cepat dari normal. Keadaan ini adalah keadaan normal. Selama growth spurt bayi akan minum lebih sering dan lebih lama periodenya ketimbang hari-hari sebelumnya, biasanya ibu jadi merasa keteteran karena jadwal minum bayi yang jadi lebih sering sementara jadwal tidurnya berkurang.

Pada bayi ASI yang langsung menyusu memang didapatkan kesulitan dalam mengukur jumlah yang harus diminum oleh bayi, kecuali bayi yang mendapatkan ASIP (ASI Perah) yang dijumpai jika ibu nya bekerja. Berikut kami sertakan tanda-tanda bayi ASI yang telah minum cukup:

  • Payudara ibu tidak terasa penuh
  • Bayi menghentikan hisapan dengan sendirinya
  • Bayi tenang dan lelap tidur
  • Tinja berwarna gelap, hijau kehitaman – kuning
  • Frekuensi buang air kecilnya sering.  BAK > 6 kali sehari
  • Berat badan bayi meningkat. Berat badan bayi naik 500 gram dalam 2 minggu

Untuk masalah jadwal pemberian ASI, pada umumnya diberikan tiap 3 jam sekali. Namun dalam suatu kasus, terdapat juga bayi yang sudah lapar dalam interval 2 jam. Hal tersebut normal, karena setiap bayi memiliki keunikan tersendiri.

Namun pada umumnya lambung tubuh manusia termasuk bayi akan mengalami pengosongan dalam interval 3 jam. Oleh karena itu penting halnya jika bayi Anda mengalami tidur lebih dari 4 jam, bayi Anda haruslah dibangunkan dan diberikan susu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar