Sukses

Berbagai Keluhan

16 Jan 2015, 16:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

PAgi dokter, saya mau tanya kemaren saya mengalami sakit kelelahan dan kurang darah, sekarang alhamdulillah badan saya udah enakkan cuma kenapa bisa sesak nafas tiba2. Dok, dan pusing dan cepat lelah.. ingin nya tidur aja, dan kalo lapar pas mkn kurang enak rasanya ngunyah nya. Menurut dokter penyakit apa yg saya derita?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit sekali bagi kami untuk mendiagnosis penyebab keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (seperti laboratorium) terlebih dahulu.

Berdasarkan keluhan yang Anda paparkan kemungkinan Anda mengalami kurang darah atau dalam medisnya disebut anemia. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Penyebab umum dari anemia adalah anemia karena perdarahan, anemia karena berkurangnya pembentukan sel darah merah akibat kekurangan zat pembentuk (zat besi, vit B12, asam folat), anemia karena meningkatnya penghancuran sel darah (autoimun, pembesaran limpa), dan anemia karena kekurangan enzim G6PD (thalasemia, sickle cell).

Cara mengatasinya akan tergantung dari penyebab anemia tersebut. Apabila karena perdarahan maka hentikan perdarahan dan masukkan darah. Apabila karena kekurangan asupan maka tingkatkan asupan makanan. Anemia karena penyakit harus ditangani penyebab dasarnya terlebih dahulu. Untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pemeriksaan laboratorium (pemeriksaan darah lengkap, darah tepi, cadangan besi, dll) terlebih dahulu. Anda dapat langsung konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.  

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar