Sukses

Abses Perianal

27 Aug 2015, 09:48 WIB
Pria, 25 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya. Saya punya sakit di daerah -maaf -pantat. Awalnya saya kira ada penyakit ambiyen, sdh diperiksakan ke dokter 2x dan diberi obat untuk ambeyen. Sdh sebulan lmanya dr awal gejala penyakit ternyata kok blm sembuh2 jg.. Dan ketika kmrin istri saya lihat ternyata ada seperti bisul yg memiliki beberapa titik darah, membiru jg. Ternyata darah yg keluar bkn dr ambeyen tp dr 'nanah2' tersebut. Nnah saya mau tanyakan, apakah itu benar bisul? Mengingat luka yg ada memliki byk titik darah, bukan nanah (yg terlihat). Bagaimana pengobatan yg benar ktka di rumah? Saya sdh pakai cairan antiseptik untuk membersihkan dan salep bisul serta obat bersih darah.. Terimakasih dok, rasanya sakit sekali, karena ini jg sdh sebulan.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Adanya bisul pada area sekitar lubang anus disebut sebagai abses perianal. Kondisi ini merupakan kondisi medis yang membutuhkan pertolongan dokter. Oleh karena itu, untuk mencegah adanya perburukan pada penyakit yang anda alami ini, kami anjurkan anda segera memeriksakan diri kepada dokter spesialis bedah.

Sekilas kami akan jelaskan sedikit mengenai Abses Perianal. Pada kulit sekitar anus terdapat kelenjar yang dapat terinfeksi oleh bakteri sehingga menyebabkan timbunan nanah atau yang disebut dengan abses. Tampilannya dapat berupa benjolan yang nyeri, merah , nyeri tekan, dan dapat disertai gejala umum seperti demam.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan sayatan pada abses dan pengaliran nanah didalamnya (drainage). Selain itu dibutuhkan juga terapi antibiotik.

Walaupun telah dilakukan penanganan, kondisi ini bisa saja timbul berulang. Faktor resiko penyebab berulangnya penyakit  ini adalah adanya fistula ani (saluran abnormal yang menghubungkan lubang anus dengan kulit disekitar anus). Oleh karena itu dalam penanganannya harus dilakukan dalam pengawasan dokter spesialis bedah.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar