Sukses

Kotoran Terus Keluar

27 Aug 2015, 10:30 WIB
Pria, 28 tahun.

Setiap habis BAB, sudah cebok namun kotoran masih keluar, akhirnya saya sumpal menggunakan tisu, setelah 2 jam kemudian saya bersihkan kembali menggunakan tisu dan cebok menggunakan sabun. Kondisi ini sudah berlangsung kurang lebih 3 tahun, saya pernah ke spesialis penyakit dalam, hanya di kasih obat untuk lambung, namun setelah habis minum obat, saya selalu mual. saya mengidap penyakit apa dok ? dan apa obatnya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam kondisi normal, anus memiliki sepasang otot (dibagian dalam dan luar) yang dapat membuka (saat kotoran keluar) dan menutup dengan sempurna. Otot ini juga bekerja pada saat anda sedang menahan keinginan untuk BAB sebelum berada di toilet.

Adanya gangguan pada otot sfingter ani tersebut dapat menyebabkan gangguan pada pengeluaran feses/kotoran. Bila otot kendor, atau tonus otot menurun makan kotoran yang telah mencapai caekum dapat keluar dengan sendirinya tanpa bisa ditahan.

Kondisi yang menyebabkan kelainan tersebut misalnya, adanya gangguan saraf yang berperan pada otot tersebut, dapat akibat proses penuaan atau trauma (cedera saraf tulang belakang). Selain itu, perilaku anal seks juga bisa menjadi penyebab kondisi ini.

Adakah dari faktor-faktor penyebab tersebut yang anda miliki?

Untuk penanganan lebih lanjut, sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis bedah digestif.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar