Sukses

Berat Badan Anak Sulit Naik

27 Aug 2015, 10:34 WIB
Pria, 26 tahun.

Dear dokter. Bayi laki laki sy 9bln dengan bb7kg, h65cm (bb kurang). Lahir 3,25kg, h50cm, normal. Dari usia 5bln bb nya stagnan di 7kg. Semenjak tumbuh gigi di u9bln, tidak mau makan, sebelumnya nafsu makan baik. Seminggu lalu konsul ke dr spa. anak sy menjalani tes mantoux, hasilnya negatif, sementara hasil lab darah sbb : hemoglobin 11,1; LED 27; Monosit 17; dan beberapa lainnya ada yg sedikit kurang ada pula yg sedikit lebih dari nilai rujukan. Namun kata dokter masih normal. Lantas mengapa anak sy tidak kunjung naik bb nya padahal sebelumnya sudah makan makanan homemade bergizi sesuai panduan WHO ya dok? Anak saya aktif, lincah, perkembangan sesuai milestone, tidak batuk dan demam, tidak diare, bab sekali tiap hari, bak >6x. Mohon penjelasannya terkait hasil lab darah dan kesulitan naik bb bayi saya. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk anak usia 6-12 bulan rata-rata pertumbuhan berat badan adalah 50-80 grams/minggu.

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi.

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki. Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar