Sukses

Pengobatan Proteinuria

14 Jan 2015, 13:20 WIB
Wanita, 23 tahun.

apakah ada obat bahan alam untuk penyakit proteinuria?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami akan menjelaskan mengenai protein dalam urin atau dalam dunia kedokteran disebut dengan proteinuria. Proteinuria (albuminuria) adalah suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal. Ketika ginjal bekerja dengan benar, mereka menyaring produk limbah keluar dari darah akan tetapi tetap menyimpan unsur penting termasuk albumin. Albumin adalah protein yang membantu dalam mencegah air bocor keluar dari darah ke jaringan lain. 

Protein plasma adalah komponen penting dari setiap mahkluk hidup, dan ginjal berperan sangat penting dalam retensi protein plasma dengan tubulus ginjal yang berfungsi mereabsorpso protein melewati penghalang filtrasi glomelurus. Ekskresi protein urine normal hingga 150mg/hari. Oleh karena itu, jika jumlah protein dalam urin menjadi abnormal, maka dianggap sebagai tanda awal penyakit ginjal atau penyakit sistemik yang signifikan. Jika kadar gula darah tinggi selama beberapa tahun kerusakan ginjal, maka kemungkinan akan terlalu banyak albumin akan hilang dari darah. Proteinuria merupakan tanda bahwa ginjal telah menjadi rusak.

Penyebab proteinuria 

Proteinuria disebabkan oleh penyakit sistemik yang menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring kembali protein ke dalam giinjal. Penyakit diabetes dan hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal sehingga menyebabkan proteinuria. Pre-eklampsia, suatu kondisi yang dapat mempengaruhi wanita hamil, termasuk tekanan darah yang sangat tinggi dan merupakan salah satu penyebab potensial dari protein dalam urin. Penyebab lain termasuk obat-obatan, toksin, gangguan imun yang menyerang ginjal, infeksi dan trauma.

Komplikasi proteinuria adalah sebagai berikut :

  • Edema paru karena overload cairan
  • Gagal ginjal akibat penipisan intravaskular
  • Peningkatan risiko infeksi bakteri, termasuk bakteri peritonitis
  • Peningkatan risiko trombosis arteri dan vena, termasuk trombosis vena ginjal
  • Peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (jantung)

Dasar penanganan proteinuria adalah sebagai berikut :

  • Pengobatan non spesifik yaitu pengobatan diluar dari penyebab yang mendasari, dengan asumsi pasien tidak memiliki kontraindikasi terhadap terapi.
  • Pengobatan spesifik yaitu pengobatan yang tergantung pada penyebab ginjal/renal atau non-renal.

Proteinuria hanyalah tanda dari suatu penyakit sehingga pengobatan proteinuria bergantung dari penyebabnya. Yang terpenting adalah mengobati penyebab yang mendasarinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar