Sukses

Hasil Laboratorium

14 Mar 2015, 18:34 WIB
Pria, 26 tahun.

dear dok. bayi sy laki 9bl. bb 7kg h65cm. lahir 3,25kg. minggu lalu tes mantoux hsl negatif. mau tny hasil lab darah, led 27mm, monosit 17, hb 11,1 dan beberapa yg lain ada yg sedikit kurang/lebih dr batas rujukan. kiranya apkh hasil tsb normal utk bayi sy dok? krn bb bayi sy kurang tapi tidak ada keluhan demam/diare/batuk dan milestone/aktif oke. thanks.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Dari hasil pemeriksaan LED nya sedikit meningkat, namun jika hasil mantoux negatif maka Anda tidak perlu khawatir. Hasil lab lainnya juga masih dalam batas normal. Jika memang tidak ada keluhan apapun maka yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi sehari-hari. 

 

Perlu diingat bahwa nafsu makan anak usia di bawah dua tahun umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami.

Pemberian makan pada anak usia di bawah dua tahun adalah dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur
  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan
  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak, ikan, daging merah, sayur-sayuran, dan buah-buahan, sehingga anak tidak bosan. Kurangilah makanan-makanan "jajanan" yang membuat kenyang tapi tapi tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik (empty calories) Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Selain itu, coba biarkan anak makan sendiri.

Di luar hal-hal tersebut, defisiensi atau kurangnya asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B (penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak) dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, dapat dibantu dengan pemberian suplemen multivitamin. Seperti yang telah disebutkan di atas, multivitamin tersebut terutama harus mengandung kompleks vitamin B dan vitamin C, selain vitamin A, D, dll. Untuk anak di atas 1 tahun, multivitamin dalam sediaan sirup cukup diberikan 1 sendok sehari.

Pertambahan berat badan dapat terjadi apabila masukan atau input lebih besar dari keluaran atau output. Apabila anak Anda sangat aktif beraktifitas namun makannya kurang atau tidak adekuat, tentu saja kalori dari makanan akan terbakar seluruhnya untuk aktifitas sehingga berat badan anak Anda tidak akan bertambah.Pertumbuhan sangat dipengaruhi dengan faktor genetik dan lingkungan (nutrisi, hormonal, dan psikologis). Untuk melengkapi kebutuhan anak Anda akan gizi yang cukup dan sesuai dengan usianya, Anda dapat berkunjung ke halaman website kami di: jadwal makan bayi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar