Sukses

Penanganan Saraf Terjepit

19 Jan 2015, 13:22 WIB
Wanita, 18 tahun.

apa yang harus dilakukan saat terjadi syaraf terjepit? apakah ini berbahaya, dan apa yang harus dilakukan jika hal ini sudah terlanjur terjadi?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saraf terjepit atau dalam dunia kedokteran disebut HNP (Herniated Nucleus Pulposus) perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Anda perlu mengunjungi dokter spesialis saraf untuk mengetahui kondisi bagian saraf tersebut, apakah mengalami perburukan atau tidak, dan apakah perlu dilakukan tindakan pembedahan atau tidak untuk membebaskan penjepitan saraf Anda.

Sementara waktu, rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  •  Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  •  Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  •  Olahraga seperti renang bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya

Penanganannya adalah dengan segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan radiologi (MRI) untuk melihat sejauh mana penjepitan saraf terjadi. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah komplikasi terburuk yaitu kelumpuhan apabila tidak ditangani dengan optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar