Sukses

Cephalhematoma

28 Aug 2015, 17:40 WIB
Pria, 29 tahun.

Dear Dok, Saya adalah ayah dari anak saya yang baru lahir 7 hari yang lalu, pada saat kelahiran katanya terjadi proses yang susah dalam persalinan, sehingga di kepala sebelah kanan anak saya ada benjolan seperti bekas benturan yang kalau diraba seperti ada cairan di dalamnya. saya pernah konsultasi ke dokter anak dan katanya itu cepal hematoma, tetapi saya merasa khawatir. apakah yang terjadi dengan anak saya? apakah benjolan itu bisa hilang? apa yang harus saya lakukan untuk penanganan bayi saya. Kira2 seperti itu semoga penjelasan saya bisa di pahami untuk mendiagnosa yang terjadi dengan anak saya. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Cepal hematoma (Cephalhematoma) adalah pembengkakan pada daerah kepala bayi yang disebabkan karena adanya penumpukan darah dibawah kulit kepala.

Hematoma atau penumpukan darah dapat terjadi karena :

  1. Proses Persalinan lama. Persalinan yang lama dan sukar, dapat menyebabkan adanya tekanan tulang pinggul ibu terhadap tulang kepala bayi, yang menyebabkan robeknya pembuluh darah.
  2.  Tarikan vakum atau cunam. Persalinan yang dibantu dengan vacuum atau cunam yang kuat dapat menyebabkan penumpukan darah akibat robeknya pembuluh darah yang melintasi tulang kepala ke jaringan periosteum.
  3. Kelahiran sungsang  yang mengalami kesukaran melahirkan kepala bayi.

Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala Cepal hematoma;

  • Kepala tampak bengkak dan berwarna merah.
  • Tampak benjolan dengan batas yang tegas dan tidak melampaui tulang tengkorak
  • Pada perabaan terasa mula – mula keras kemudian menjadi lunak.
  • Benjolan tampak jelas lebih kurang 6 – 8 jam setelah lahir
  • Benjolan membesar pada hari kedua atau ketiga
  • Benjolan akan menghilang dalam beberapa minggu.

Komplikasi yang dapat terjadi yaitu anemis, bayi kuning (ikterus), infeksi dan kadang disertai dengan patahnya tulang tengkorak di bawahnya atau perdarahan intra kranial (dalam otak).

Cepal hematoma umumnya tidak memerlukan perawatan khusus. Biasanya akan mengalami perbaikan sendiri dalam 2-8 minggu tergantung dari besar kecilnya benjolan. Namun apabila dicurigai adanya Tulang tengkorak yang patah, kelainan ini akan agak lama menghilang (1-3 bulan) dibutuhkan penatalaksanaan khusus antara lain :

  • Menjaga kebersihan luka
  • Tidak boleh melakukan pijatan pada benjolan
  • Pemberian vitamin K
  • Bayi dengan Cepal hematoma tidak boleh langsung disusui oleh ibunya karena Pergerakan dapat mengganggu pembuluh darah yang mulai pulih.

Untuk mendapatkan Penanganan yang optimal, ikutilah dan lakukan kontrol rutin kepada dokter spesialis anak anda sesuai dengan anjuran yan telah diberikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar