Sukses

Ingin Diet Purin

13 Mar 2015, 12:02 WIB
Pria, 34 tahun.

Selamat siang Dokter Pada bulan Desember 2014 kemaren saya melakukan MCU dan disimpulkan harus diet rendah lemak dan purin. BB 119, TB 165, termasuk obesitas. Pertanyaanya: 1. Diet yang bagaimana yang harus saya lakukan ? 2. Apa saja daftar makanan yang tinggi purin ? 3. Makanan apa saja yang mengandung karbohidrat dan kalori tinggi ? Termakasih Salam Gatot

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Menurut perhitungan indeks massa tubuh Anda termasuk kedalam kategori obesitas. Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan. 

Purin adalah zat alami yang ditemukan didalam sel, termasuk didalam tumbuhan maupun hewan di sekitar kita. Sayuran pada umumnya lebih tinggi purin dibandingkan dengan daging. Purin yang masuk kedalam tubuh kita dari makanan selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat. Sebenarnya hal ini adalah proses yang normal dan sehat, dan Asam urat sebenarnya bertindak sebagai zat antioksidan yang berguna untuk melindungi lapisan pembuluh darah.

Namun bila jumlah asam urat dalam darah meningkat akan menyebabkan penyakit gout atau yang dikenal asam urat tinggi. Penyebabnya dapat akibat produksinya yang tinggi akibat konsumsi purin yang juga tinggi, atau pengeluarannya oleh ginjal yang terganggu. Akibatnya asam urat akan membentuk kristal dan menumpuk pada persendian. Kristal ini bersifat keras, sehingga akan mengikis jaringan lunak atau lapisan tulang rawan sendi dan mengakibatkan gejala radang sendi yang menyakitkan akibat asam urat.

Purin sebenarnya terdapat diseluruh bagian makhluk hidup, jadi tidak mungkin kita menghindari purin. Yang terbaik adalah dimulai dengan mengetahui beberapa makanan yang paling tinggi mengandung purin berikut:

  • Daging merah

Daging pada umumnya tinggi purin, dan Organ hewan atau jerohan seperti hati, ginjal & otak mengandung purin paling tinggi. Daging yang mengandung purin tinggi seperti daging babi, daging rusa, daging sapi, kelinci, kalkun, sapi, unggas dan bebek. Batasi jumlah asupan protein hewani hingga 6 ons per hari, hal ini untuk mengurangi purin dalam tubuh .

  • Sea food

Ikan sarden adalah sumber purin tertinggi. Juga makanan laut lainnya seperti halibut, ikan kod, bluefish, makarel, trout, tuna, lobster, tiram, herring, sarden dan kerang.

  • Anggur

Anggur juga merupakan salah satu sumber Purine tertinggi. Batasi konsumsi anggur jika Anda menderita gout.

  • Minuman

Minuman sehari-hari kita seperti teh dan kopi sebenarnya sedikit mengandung purin, akan tetapi batasi konsumsinya karena mengandung kafein. Sementara Minuman beralkohol tidak boleh diminum oleh penderita kelebihan asam urat. Terutama adalah bir, dimana yang pailing tinggi purin.

  • Ragi

Produk yang mengandung ragi harus dibatasi untuk menghindari masalah kesehatan, terutama bagi penderita radang sendi akibat asam urat. Tape atau produk yang difermentasi lainnya adalah mengandung purin tinggi dari ragi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik, namun pada umumnya juga tinggi purin. Kacang-kacangan yang paling kaya akan purin adalah lentil, kacang navy , kacang lima, kacang merah, dan belinjo.

  • Cokelat

Biji kakao dan daun teh mengandung tinggi theobromine, yaitu alkaloid dengan struktur mirip dengan kafein yang tinggi purin. Kakao merupakan bahan utama pembuatan dark chocokelate.

Sedangkan makanan rendah purin meliputi berbagai macam sayuran (jamur, asparagus, kubis, ceri, buncis, selada, lobak, jagung, kentang, dan wortel), dan buah-buahan ( apel, pisang, jeruk, dan melon). Juga ada banyak kacang-kacangan (Brazil, hazelnut, dan kacang tanah), keju (cheddar, edam, cottage, dan Limburger), dan pasta yang dibuat dengan telur, dan biji-bijian.

Berikut judul-judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki serta menggunakan Health Tools:Kalkulator Kalori untuk menghitung kebutuhan kalori Anda.

Semoga usaha menurunkan berat badan Anda berhasil. (NO)

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar