Sukses

Sumbatan Tuba Eustachius

28 Aug 2015, 18:43 WIB
Pria, 41 tahun.

dokter saya mau bertanya telinga kiri saya seperti ada udara atau tekanan di dalam, apalagi jika geraham saya mengatup terasa sekali. kenapa ya dok, lalu apakah valsava manuver itu berbahaya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan kerongkongan. Fungsi Tuba ini sebagai ventilasi, pengeluaran cairan dari telinga tengah, dan mencegah masuknya cairan masuk dari kerongkongan ke telinga tengah.Tuba biasanya dalam keadaan tertutup dan baruterbua apabila oksigen diperlukan masuk ke telinga tengah atau pada saat mengunyah, menelan dan menguap.

Gangguan fungsi Tuba dapat terjadi oleh beberapa hal, seperti tuba terbuka terbuka abnormal, gangguan otot tuba, bibir sumbing berat, dan sumbatan pada Tuba. Pada kondisi Anda, kami berasumsi gangguan fungsi tuba disebabkan karena adanya sumbatan pada tuba.

Sumbatan pada tuba dapat terjadi oleh berbagai kondisi, seperti peradangan di daerah leher atau oleh tumor. Gejala awal timbul pada penyumbatan tuba oleh tumor adalah terbentuknya cairan pada telinga tengah. Keluhan biasanya berupa rasa penuh ditelinga, gema suara sendiri terasa lebih keras, perasaan ada air dalam telinga, suara mendesis, hingga berkurangnya pendengaran pada telinga dengan tuba yang terganggu.

Pada keadaan ini kadang dengan obat-obatan saja tidak cukup, sehingga harus dilakukan penanganan pada penyebabnya. Pada sumbatan akibat adanya tumor daerah leher, tumor perlu diangkat hingga jaringan bersih dan tidak menutupi saluran tuba. Pasca pembedahan perlu diperiksa juga adakah jaringan parut bekas operasi yang justru menutupi tuba sehingga dapat menyebabkan keluhan yang sama.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT, untuk mengetahui kesehatan organ telinga hidung dan tenggorokan Anda dan mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar