Sukses

Terapi Nebulizer Untuk Anak

28 Aug 2015, 18:31 WIB
Wanita, 28 tahun.

dokter anak saya umurnya 11 bulan berat 10 kg. saat ini sedang pilek baru 2 hari, dimalam hari selalu hidungnya tersumbat dan susah mengeluarkan ingusnya. saya bertanya saya punya nebulizer dirumah tapi saya blm tau obtnya untuk nebu dan dosis nya. mohon untuk informasinya terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tindakan nebulizer atau penguapan dilakukan dengan cara memasangkan masker yang menutupi mulut dan hidung anak Anda. Uap yang keluar dari masker tersebut diharapkan dapat dihirup oleh anak dan masuk melalui hidung maupun mulut. Uap tersebut berasal dari obat tetes yang mengandung obat jenis bronkodilator (pelebaran saluran pernafasan) dan mukolitik (pengencer dahak). Tujuannya adalah untuk melegakan pernafasan dengan cara merangsang pengeluaran dahak. 

Umumnya pada anak kecil yang sakit batuk, terdapat dahak dalam saluran pernafasannya yang sulit dikeluarkan. Batuk sendiri merupakan usahanya untuk mengeluarkan dahak. Namun otot dada anak masih belum sekuat dewasa, sehingga dahak menjadi lebih sulit dikeluarkan, terlebih jika dahak sangat kental.

Tindakan penguapan tentunya juga harus memperhatikan keadaan setiap anak. Jika tampak tidak terlalu berat, tidak masalah jika tidak diberikan penguapan. Namun, jika anak tampak sulit bernafas akibat batuk dan dahak yang bersarang, akan lebih baik jika dibantu dengan penguapan.

Mengenai obat dan dosisnya, maka Anda perlu langsung berkonsultasi kepada dokter spesialis Anda, karena dalam forum ini kami tidak dapat memberikan informasi atau peresepan obat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar