Sukses

Bayi Sulit Makan

12 Mar 2015, 21:03 WIB
Wanita, 26 tahun.

Anak saya cewek umur 7 bulan dengan berat badan 7.5 kg saya mau tanya dok... Anak saya setiap dikasih makan selalu nangis dan tidak mau makan, dan susah minum susu baik itu ASI Perah ataupun formula.... Dia hanya mau ASI saja....sedangkan saya kerja,... Sosulusinya apa ya dok biar anak saya mau makan & mau minum susu???apakah dengan usia 7 bulan dan hanya minum ASI saja kebutuhan gizinya dpt terpenuhi??? Terima Kasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 


Jika anak Anda sulit makan, apakah ada tanda lain seperti muntah? ngeces? perut kembung? susah BAB? Jika ditemukan tanda tersebut kami menyarankan untuk mengunjungi dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penanganan terhadap masalah ini. Pada bayi usia 7 bulan, selain ASI sudah dapat diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) jenis MPASI yang boleh diberikan bervariasi dari ikan, sayur, serta bubur bayi. Tentu bentuknya masih bentuk yang halus sehingga dapat dikonsumsi oleh bayi.

Jumlah porsi makan bayi memang sedikit dan tidak bisa dipaksakan diberikan banyak. Yang penting susu juga masih banyak dikonsumsi oleh bayi Anda. Selama berat badan dan tinggi badan bayi Anda masih dalam batas normal maka tidak perlu dikhawatirkan. Berikan juga MPASI yang sesuai agar dapat memenuji kebutuhan gizi anak Anda.  Anda bisa mengontrol pertumbuhan bayi Anda dengan rajin ke dokter agar dapat dilihat status gizi dan perkembangan bayi Anda dengan grafik WHO. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah berikan variasi MPASI untuk anak Anda, saat anak Anda makan Anda juga coba ikutan makan dan secara rutin lakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak Anda.

Ingat bahwa pemberian makanan pada bayi merupakan ikatan ibu dengan anak dan merupakan hubungan orangtua dengan anak yang bisa dimulai sejak dini. Jangan sekali-kali memarahi anak atau memaksakan makanan kepada si kecil. Buatlah makan menjadi suasana yang menyenangkan untuk si kecil dan juga untuk bunda. Si kecil bisa juga mulai dilatih dengan makan bersama keluarga yang lain di meja makan, pastikan posisi makan si kecil tepat, dan selalu pastikan adanya kontak mata dengan si kecil.

Saat memberikan makanan kepada si kecil ingatlah untuk berikan interaksi postif selama pemberian makanan, berikan pujian kepada si kecil untuk tindakan yang tepat, dan berikan batasan dalam makan.

Kami sertakan artikel:

Mengatasi Anak Sulit Makan

Anak Sulit Makan

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki. Semoga buah hati Anda sehat selalu!


Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.
Salam 

    0 Komentar

    Belum ada komentar