Sukses

Benjolan di Bulu Kemaluan Wanita

08 Mar 2015, 21:45 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hai Dok, Saya mau tanya,di daerah bulu kemaluan saya terdapat benjolan yang gatal. Awalnya benjolan tsb seperti jerawat tapai lama kelamaan menjadi besar dan gatal. Semakin lama semakin besar. Awal munculnya kira2 6 tahun yang lalau, saya kira itu hanya jerawat biasa atau luka karna bulu kemaluan tak sengaja kecabut. Tolong,infonya Dok, apakah benjolan ini berbahaya. Kemudian ada tidak obat/ salep yang bisa saya gunakan untu mngempeskan benjolan ini. Terima kasih Salam,

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah benjolan di bulu kemaluan sehabis mencukur rambut kemaluan. Keluhan Anda bisa saja berkaitan dengan Kista Bartholin. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat, sumbatan dapat terjadi pasca mencukur bulu kemaluan. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul. Bagaimana dengan Anda, apakah ada keluhan lain? 

Untuk dapat menentukan keluhan Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilihat kelainan kulit yang terjadi.  

 

 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Ingin Operasi Kosmetik Vagina? Ketahui Dulu Risikonya!

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam sehat, 

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar