Sukses

Pemberian Obat untuk Nenek

20 Feb 2015, 11:42 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat pagi. Sebenarnya saya mau bertanya tentang penggunaan obat untuk nenek saya. Usianya sudah 93 tahun. Semalam nenek saya mengeluh sakit pinggang, tapi tadi pagi mual, dari mualnya sih sepertinya maag. Tadi pagi jam 9 sudah saya beri Lansoprazole 30mg sebelum makan. Lalu nanti setelah makan siang, kalau saya beri paracetamol 2 tablet (@500mg) boleh tidak ya? Atau kalau dikasih Lansoprazole lagi boleh tidak? karena di box Lansoprazole tertulis harus dengan resep dokter. Sebenernya nenek saya ada obat jantung (spironolactone 25mg) dan obat darah tinggi (bioprexum 10mg) yg harus dimakan setiap pagi. Tapi karena tadi pagi mual, saya tidak kasih 2 obat tsb, pikir buat nanti siang saja. Boleh minta tolong bantuannya? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Salam hormat saya untuk nenek Anda. Nyeri pinggang pada orang tua biasanya disebabkan oleh proses degeneratif atau penuaan. Untuk mengurangi nyeri, anda dapat menggunakan obat paracetamol karena obat tersebut aman dikonsumsi untuk orang tua. Hati-hati memberikan obat anti nyeri yang lainnya karena dapat meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna pada orang tua jika penggunaannya tidak sesuai. 

Obat lansoprazole merupakan obat lambung, obat tersebut hanya dikonsumsi 1 kapsul/hari, diminum 2 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Obat darah tinggi dan jantung sebaiknya harus tetap dikonsumsi setiap hari sesuai anjuran dokter. Jika mual muntah parah sampai menyebabkan nenek anda tidak bisa makan atau minum sebaiknya segera dibawa ke RS terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam Sehat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar