Sukses

Membersihkan Telinga dan Hidung Bayi

28 Aug 2015, 19:08 WIB
Wanita, 26 tahun.

salam.. dok saya mempunyai anak perempuan yg skrg berusia 4 bulan kurang 7 hari, dilahirkan secara caesar. di hari ke-2 saya baru bisa bertemu anak saya di karenakan kondisi saya yg udah bisa duduk. saat itu trdengar nafas anak saya spt org yg sedang pilek. setelah keluar dari rs saya d kasih obat untuk anak yaitu antibiotik n mucos. saat minum obat itu anak nafas nggrok-nggrokannya ga kedengaran n anak saya bisa tidur nyenyak. setelah obatnya abis mulai nggrok2n lagi n ga bisa tidur nyenyak. saya mw minumin obat itu lg tapi khawatir ketergantungan jadi saya ga minumin lg hanya menjemur anak d pagi hari. beberapa hari ini anak saya selalu mengeluarkan kotoran dari telinga warna coklat dan telinganya selalu kotor. sering sekali ada upil besar d hidung nya, ketika saya mw ambil pake cotton buds dia nangis nolak. solusi nya apa ya dok? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum melakukan penanganan tertentu, sebaiknya Anda memeriksakan telinga bayi Anda ke dokter. Dokter akan menggunakan alat otoskop untuk melihat ke dalam liang telinga bayi Anda, apakah terdapat sumbatan kotoran telinga atau kotoran telinga yang bergumpal. Setelah itu, dokter akan menentukan penanganan yang tepat apakah dengan diberikan obat tetes untuk melunakkan kotoran atau dengan melakukan irigasi telinga.

Jika ingin membersihkan telinga anak, memang sebaiknya saat anak tenang atau dengan mengunjungi dokter untuk prosedur ekstraksi kotoran telinga.

Demikian pula saat membersihkan hidung, anda sebaiknya menggunakan kapas lembab (kapas basah yang diperas airnya) dan membersihkan hidung anak disaat anak sedang tenang untuk menghindari resiko cedera/luka pada hidung bayi yang mungkin terjadi akibat tindakan tersebut.

Kami sertakan artikel berjudul

"Membersihkan Telinga"

untuk informasi lengkap Anda mengenai kotoran telinga dan kebersihannya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar