Sukses

Batuk Setelah Makan Gorengan

31 May 2015, 19:39 WIB
Pria, 21 tahun.

dok saya menderita batuk kalau habis makan makanan beerminyak, rasanya tenggorokan gatal. kalau tidak makan gorengan tidak batuk, sering juga tidur larut malam dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. Batuk juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Makanan berminyak (gorengan) memang dapat memicu iritasi pada tenggorokkan dan menyebabkn batuk.

Bagaimanakah dengan batuk yang Anda alami, apakah batuk yang Anda alami adalah batuk kering? Atau batuk berdahak? apakah Anda memiliki riwayat penyakit magg?

Namun, untuk menentukan apa yang sebenarnya terjadi pada Anda tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik secara langsung dan penunjang yang terkait. Kami sarankan Anda untuk ke Dokter agar mendapat penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar