Sukses

Apakah Kanker Serviks Menurun Ke Anak?

28 Aug 2015, 19:46 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau nanya.. Ibu saya pnya penyakit kangker rahim. Tp sudah di angkat ketika umur saya 15 thun. Apa ada pengaruh turun menurun kangker rahim itu kpada saya dok.. Saya takut soal nya jika saya pnya pnyakit itu sama seperti ibu saya..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Kanker atau "tumor ganas" merupakan suatu keganasan yang terjadi di dalam tubuh akibat adanya profilerasi atau perkembangan sel yang tidak normal atau tidak semestinya.

Salah satu faktor risiko nya adalah faktor genetik. Namun jika orangtua Anda menderita kanker, belum tentu Anda atau anak Anda akan menderita penyakit yang serupa. Namun kemungkinan itu ada. Selain faktor genetik, faktor yang juga berperan adalah pola makan dan gaya hidup (misalnya perokok, sering mengonsumsi alkohol atau jarang berolahraga).

Sedangkan Pada Kanker Serviks, Apa yang menjadi penyebab sel menjadi tidak normal dan berkembang menjadi kanker masih tidak jelas. Tetapi virus HPV memainkan peran dalam hal ini. Bukti menunjukkan bahwa virus HPV ditemukan pada semua kasus kanker serviks. Tetapi di sisi lain banyak pula wanita yang memiliki virus HPV tidak pernah mengalami kanker serviks.

Untuk itu yang Anda dapat lakukan adalah menjaga faktor-faktor yang dapat diubah tersebut seperti menjaga pola makan dan gaya hidup Anda.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks antara lain:

  • Berhubungan seksual dengan banyak pasangan
  • Melakukan hubungan seksual saat usia dini
  • Penyakit seksual menular lain
  • Sistem imun tubuh yang lemah
  • Merokok

Anda dapat mengurangi risiko kanker serviks dengan mengambil tindakan pencegahan infeksi virus HPV. Gunakanlah kondom ketika berhubungan seksual karena hal tersebut dapat mengurangi risiko terinfeksi virus HPV.

Sebagai tambahan adalah dengan :

  • Menunda hubungan seksual sampai usia matang
  • Setia pada pasangan
  • Hindari merokok
  • Gunakan vaksinasi pencegah HPV
  • Ikuti prosedur pemeriksaan serviks (pap smear test)

pemeriksaan rutin dan dini pada daerah serviks wanita merupakan kunci untuk mencegah kematian karena kanker serviks. Hal ini berkaitan dengan sifat penyakit yang tidak memberikan gejala pada stadium awal. Lebih dini ditemukan maka kanker serviks dapat lebih cepat ditangani dan harapan hidup meningkat lebih besar ketimbang jika kanker serviks baru diketahui pada stadium lebih lanjut. Pemeriksaan perlu dilakukan walaupun wanita tersebut merasa sehat.

Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain adalah Tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), Tes Pap (Pap Smear), atauTes LBC (Liquid Based Cytology)/(Pemeriksaan sel berbasis cairan). Semua prosedur tersebut tidak dapat Anda lakukan sendiri, sehingga kami menyarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat.

Berikut kami sertakan artikel untuk Anda:

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker 

Kanker, Bagaimana Supaya Bisa Terdeteksi Dini?

Jenis Kanker Paling Sering Terjadi & Pemeriksaannya Kanker

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar