Sukses

Khawatir Terkena Anemia

28 Aug 2015, 19:59 WIB
Pria, 23 tahun.

Aslkm dok. Slmt pagi. Dok, kenapa ya saya suka ngerasa lemas saat sesudah mkan? Klo pagi juga suka berasa lemas, lesu terutama kerasanya di kaki.trus klo siang juga kena sinar matahari posisi kepala menatap lurus ke dpn berasa silau bgt,apa ini ada hub.nya sama kekurangan sel darah merah dok? Trm ksh

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika anda mencurigai adanya 'kekurangan sel darah merah', maka anda perlu terlebih dahulu mengenali gejala anemia.

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, dimana komponen darah yang ada tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Akhirnya mengakibatkan tubuh cepat lelah, pusing, dan penglihatan kunang-kunang.

Oleh karena itu, waspadalah jika Anda mulai sering mengalami 10 gejala berikut ini:

  1. Lesu dan lemas
  2. Cepat lelah
  3. Jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga
  4. Napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga
  5. Susah berkonsentrasi
  6. Pusing
  7. Sakit kepala
  8. Pucat
  9. Kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki
  10. Sulit tidur

Hal yang dapat Anda lakukan jika mengalami gejala-gejala anemia diatas adalah mulai menyeimbangkan asupan yang memiliki zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Dimana makanan-makanan tersebut bisa Anda peroleh dari beberapa makanan seperti, kacang-kacangan, sayuran hijau, daging merah, dan susu.

Namun untuk memastikan kondisi kesehatan Anda, kami anjurkan agar anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung karena perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan untuk dapat menegakkan diagnosis.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar