Sukses

Mengatasi Kutil Pada Kaki

31 May 2015, 19:25 WIB
Wanita, 45 tahun.

pagi dok, saya mau tanya kaki saya ada smacam kutil, sudah dikasih obat semacam plester dengan obat ditengah berwarna merah, setelah seminggu pemakaian kutilnya sudah agak berkurang, tp kulit sEhat sekitarnya (yg tertempel plester) malah mengalami iritasi, bintik2 dan gatal. bagaimana cara mengatasi iritasi dan kutilnya? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Kutil ini dapat dirawat sendiri di rumah. Obat kutil bisa dibeli di toko obat atau apotek. Carilah produk yang mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang terinfeksi. Bahan ini harus digunakan dua kali sehari, hingga beberapa minggu lamanya. Periksakan ke dokter jika kutil tidak hilang atau justru menyebar dengan perawatan di rumah.

Namun, untuk kepastian diagnosis, apakah yang Anda alami kutil atau bukan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan langsung.

Sedangkan bintik-bintik dan gatal pada area yang tertutup plester, mengarah pada kondisi alergi pada plester tersebut. Untuk itu sebaiknya anda menghentikan penggunaanya, dan terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Keluhan kulit paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar