Sukses

Penyebab Sering Kejang Pada Anak

16 Jan 2015, 11:36 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam Dokter, Saya mau menanyakan tentang penyakit adik saya. Dia mengalami kejang-kejang. Sebelum kejang dia merasakan ngilu di perutnya dan kemudian tak sadar dan kejang. Hal ini bisa terjadi berulang kali dalam satu hari. Saya mau tau penyakit apa sebenarnya yang dialami oleh adik saya Dokter? sebelumnya terima kasih atas bantuannya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Salam kami untuk adik Anda tercinta.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Saat ini berapa usia adik Anda? Kejang pada anak bermacam penyebabnya, di antaranya adalah demam, epilepsi, trauma pada otak, pengobatan tertentu, kelainan metabolik, dsb. Bila kejang terjadi pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Jika tidak didahului oleh demam bisa disebabkan oleh gangguan epilepsi, trauma pada otak, kelainan metabolik. Yang perlu diketahui adalah ketika adik Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah adik Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang saat demam? 

Kemungkinan lain yang harus dipertimbangkan adalah gangguan listrik otak (epilepsi), gangguan metabolik atau infeksi (jika disertai tanda-tanda infeksi seperti: demam, nyeri kepala, penurunan kesadaran). Diagnosis ini perlu ditegakkan oleh seorang dokter dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Saraf untuk keluhan adik Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti EEG Elektroensefalografi yaitu suatu alat yang dapat merekam aktivitas elektrik di otak

Berikut penanganan awal jika anak terjadi kejang:

  • Yakinkan jalan nafas anak lancar:
  • Miringkan posisi tubuh anak dengan kepala sejajar.Tujuanya, agar dia tidak menelan kembali muntahannya sendiri, karena dapat mengganggu pernafasan.
  • Longgarkan baju, sehingga bisa bernafas dengan leluasa
  • Jangan mengganjal mulut anak misalnya dengan meletakkan kain, sendok atau jari tangan diantara gigi balita. 
  • Pindahkan benda-benda keras dan tajam yang ada di dekat balita.
  • Setelah anak sadar segera bawa ke dokter dan beritahu kepada dokter berapa waktu serangan kejang dan berapa kali dan apakah setelah kejang anak sadar atau tidak.

Untuk pembahasan lengkapnya kami sertakan artikel mengenai Kejang Pada Anak sebagai informasi lengkap bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar