Sukses

Benjolan Keras Di Buah Zakar

31 Aug 2015, 09:30 WIB
Pria, 39 tahun.

Malam dok.saya ingin menanyakan penyakit yg bru 2 bln ini saya rasakan.karna di buah zakar saya yg kanan trdapat benjolan agak keras sebesar biji kelengkeng.bila di penjet tidak trasa sakit.awalnya saya ada kgiatan rumah yg membuat saya bnyak menongkrong.stelah pagi harinya saya merasakan dmam,dan kpala pusing,dan buah zakar kanan bngkan dan sakit. Pernah ke dokter katanya hanya kelelahan.atau infeksi.stelah minum obt nanti bengkak di buah zakar akan hilang kt dokter tsb.namun bengkak mengecil tetapi tidak hilang,trkadang saya merasa dmam dan paha kanan trasa pegal. Apakah ini yg disebut hernia atau hanya infeksi dok? Pernah k dokter bdah jg hanya di beri obat stelah di periksanya.trimakasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan pertanyaan. Dimana Letak benjolan tersebut, apakah diatas permukaan kulit dan terlihat perbedaan dengan kulit normal? atau didalam kulit? atau teraba pada buah zakar itu sendiri? bagaimana konsistensinya apakah lunak atau keras? Apakah benjolan bisa digerakkan atau menempel pada kulit diatasnya atau justru pada jaringan dibawahnya? Adakah rasa nyeri yang Anda rasakan? Apakah benjolan tersebut semakin membesar? Apakah benjolan tersebut dapat hilang timbul? Apakah ada keluhan dari benjolan tersebut (panas, gatal, kemerahan, berair)? Apakah disertai demam? Apakah hanya ada di buah zakar saja? Atau ada ditempat lain ditubuh Anda dengan benjolan yang serupa?

Keluhan Anda bisa saja berhubungan dengan hernia (turun berok) atau epididimitis (radang pada epididimis). Namun untuk dapat menentukan suatu diagnosis penyakit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.  Kami memiliki keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik langsung. Diagnosis benjolan memang perlu dilakukan dengan pemeriksaan langsung untuk bisa mengetahui kondisi asli. Kami sarankan  Anda kembali mengunjungi dokter spesialis urologi untuk informasi lebih lanjut mengenai penanganan dari benjolan tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • Gar******ndi Yudha

    dok.tanya.saya punya benjolan di alat kelamin sebelah kiri sebesar biji kelamin sakit denyut2an.sebelumnya thn 2013 saya mengalamin keluar cairan kuning di alat vital dan tiap hari mengangkat beban yg berat.trus terjadilah pembengkakan trus 1 bln sembuh.dan akhirnya d thn 2018 ini bengkak lgi .