Sukses

Mengetahui Seseorang Terkena HIV

16 Jan 2015, 12:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pemeriksaan apa yang bsa dilakukan bila ingin mengetahui seseorang terkena HIV ato seseorang tertular PMS dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi HIV, dapat dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan darah yang dilakukan bukan tes darah rutin seperti biasa namun untuk mendeteksi HIV Anda dapat melakukan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt.

Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi. Masa ini disebut periode jendela (window period). Dalam masa seperti ini, bisa saja seseorang mendapatkan hasil tes negatif karena antibodinya belum terbentuk sehingga belum dapat dideteksi , tapi jika iya memang mengidap HIV sudah bisa menularkan virus.

PMS (Penyakit Menular Seksual) adalah penyakit menular yang timbul melalui hubungan seks melalui vagina, oral,dan anal. Terdapat berbagai jenis infeksi yang tergolong PMS. Ada infeksi virus, bakteri, jamur, parasit, protozoa. Semua infeksi yang tergolong PMS tersebut memiliki perbedaan dalam hal keluhan dan gejala. Umumnya memang keluhan yang dapat menjadi pertanda adanya PMS adalah sakit saat  buang air kecil,  keputihan, ataupun adanya luka atau bintil pada bibir kemaluan. Namun, seseorang mungkin saja tidak menunjukan gejala apapun meskipun terinfeksi.

Karena penyebab penyakit menular seksual banyak, maka untuk mengetahui apakah seseorang mengalami infeksi penyakit menular seksual, dibutuhkan adanya pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan tes darah sebagai pemeriksaan penunjang sebagai contoh tes VDRL, TPHA.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar