Sukses

Keringat Berlebih di Malam Hari & Jantung Berdebar

15 Jan 2015, 17:01 WIB
Pria, 45 tahun.

saya sering keluar keringat yg berlebihan dimalam hari. hati sering berdebar, takut macem-macem dipikiran saya. itu kira-kira sakit apa? konsultasi ke dokter apa? apa yang harus saya lakukan. tks

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah keringat berlebihan di malam hari dan jantung berdebar.

Mengeluarkan keringat berlebih disebut juga dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum. Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu : 

  1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.
  2. Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.
  3. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Pada kasus Anda dimana disertai dengan gejala berdebar-debar, mungkin mengalami Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti hipertiroid. Apakah Anda memiliki gejala lain seperti tangan bergetar (tremor)?

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah untuk hormon tiroid (T3, T4 dan TSH) untuk melihat apakah diagnosa Anda mengarah kepada gangguan hipertiroid.

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi mengenai keluhan Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar