Sukses

Benjolan di Vagina

15 Jan 2015, 17:15 WIB
Wanita, 30 tahun.

slmt siang dokter mf sya mau konsul mslh kelamin stlh sy mlhrkan tdk ada mslh tp sy kb suntik slma 1th dan tdk haid brt bdn naik trs akhirnya sy gnti susuk ttp tdk hsid tp bb tdk naim lgi stlh ank umur 2,5th sy ke hk stlh tdk brhubngan dgn suami hmpir sthun dlm lbng vgina saya membesar segede jengkol di lubng tepat bwh klitoris,agak keras n knyal tp tdk ada rasa apa" n gda kluhan lain sy jg haid lncar sthn ini,kra" apa ini y dok sy hnya ga nyaman saat membersihkan bagian itu tlng jwbnya ,trmaksh

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak, namun untuk mengetahui secara pasti, maka benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop (histopatologi). Saran kami adalah Anda  memeriksakan diri ke dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat dll. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar