Sukses

Sariawan Terus Menerus Selama 12 Tahun

28 Jan 2015, 11:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dear Dr.. Saya sering mengalami penyakit Sariawan di tempat yang sama, dan lumyan banyak, didaerah Lidah sama Bibir, lumayan Sakit. Datagnya sariawan hampir setiap minggu, 2 hari sembuh, 5 harinya sakit, n kadang2 Tubuh saya lemah, menurun daya tahan Tubuhnya. Sya sudah memeriksakan ke Dr Lokal si daerah sampe keluar kota Makassar sama Manado, kata Dr pengaruh kurang Vit aja, gak ada tanda2nya ada penyakit. Yang ingin saya Tanyakan, apakah yang menyebabkan sering munculnya sariawan ini..? N mohon petunjuknya saya harus berkonsultasi di Dr mana ? Sudah 12 tahun saya mengalami Sariawan menahun ini. Mohon infonya ya Dok. Terima Kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan saya memahami kekhawatiran Anda. Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan dan tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut (SpPM) agar dapat dipastikan diagnosa dan hal yang terkait dengan timbulnya sariawan.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

 Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semooga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar