Sukses

Hasil PAP Smear

31 Aug 2015, 20:15 WIB
Wanita, 36 tahun.

dokter,saya mau bertanya..hasil papsmear yang saya lakukan adalah makroskopis : diterima sebuah sediaan apus,mikroskopis: banyak sel radang PMN,sel superpisial,intermediate dan parabasal,inti dalam keadaan normal,coccen,kesimpulan: cervicitis chronis non spesifik dan NILM...saya mohon penjelasannya,terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cervicitis merupakan bentuk dari peradangan cervix (mulut rahim) dimana paling sering disebabkan oleh infeksi menular seksual (seperti gonorea, chlamydia, herpes atau bakteri lain) ataupun dapat disebabkan oleh IUD, diafragma, ataupun alergi terhadap kondom. Cara menanganinya adalah pertama mengetahui penyebab dari cervicitis, bila disebabkan oleh infeksi maka harus diberikan pengobatan seperti antibiotik. 

Penyebab lain servisitis:

  • Iritasi atau perlukaan akibat alat-alat seperti diafragma, pessary, tampon 
  • Alergi terhadap spermisid yang digunakan untuk KB
  • Alergi terhadap kondom latex
  • Paparan terhadap bahan kimiawi
  • Ketidakseimbangan bakteri yang normal di vagina. Pertumbuhan berlebih bakteri-bakteri yang normal berada di vagina (bacterial vaginosis)
  • Ketidakseimbangan hormon, rendahnya kadar estrogen atau tingginya kadar progesteron dapat mempengaruhi kemampuan untuk menjaga kesehatan jaringan mulut rahim.
  • Kanker ataupun terapi kanker

Faktor risiko servisitis antara lain riwayat berganti-ganti pasangan seksual, riwayat PMS sebelumnya, berhubungan seksual pada usia muda, pasangan seksual yang memiliki riwayat PMS.

Pada hasil pap smear Anda, tidak ditemukan tanda-tanda keganasan ataupun infeksi dari Trichomonas, monilia, maupun infeksi HPV. Sel radang dan PMN bertambah menandakan adanya infeksi seperti yang disebutkan pada penyebab lain servisitis di atas.

Kesimpulan saat ini Anda mengalami infeksi ringan pada leher rahim dan tidak ada tanda-tanda keganasan. Untuk pengobatan sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang memeriksa Anda agar pengobatan sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar