Sukses

BAB Anak Sering Tapi Sedikit-sedikit

31 Aug 2015, 20:22 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok, Langsung aja, saya mau tanya masalah susah BAB pada anak. Anak saya umur 4,5 thn mengalami masalah BAB semenjak umur 6 bulan, sudah pernah di periksa di RS Cipto bagian gastroloqy pada umur 3 thn dan saran dokter suruh di latih BAB atau terapi. Namun sampai sekarang tdk ada perubahan dan perut bagian kanan keras. Frekwensi BAB dlm sehari bisa sampai 5kali namun sedikit2 dan walau pun encer tetap aja si anak susah ngejan. pertanyaan saya apakah penyakitnya bisa sembuh tanpa operasi, waktu berobat di cipto pernah saya tanya dan jawaban dokter tidak perlu cukup terapi saja.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. BAB sering juga tergantung dari banyaknya asupan makanan, apabila lunak (tidak cair) namun masih di bawah 3x/hari maka tidak ada masalah. Kemudian Anda juga melihat aktivitasnya, apakah anak Anda masih aktif atau tidak. Langkah selanjutnya melihat air seninya, apakah anak Anda BAK seperti biasa atau berkurang. Yang harus diwaspadai pada anak kecil apabila terjadi diare adalah dehidrasi atau kekurangan cairan yang dapat secara objektif dilihat melalui jumlah BAK yang berkurang dalam sehari. Apabila anak Anda lemas, aktivitasnya berkurang, dan BAK sedikit maka Anda perlu waspada.

Saat ini akan lebih tepat jika anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya telah memeriksa anak anda agar penanganan yang diberikan dapat berkelanjutan sesuai dengan terapi yang pernah diberikan sbelumnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar