Sukses

Kista Ovarium

31 Aug 2015, 20:42 WIB
Wanita, 33 tahun.

dear Dok, apa yg dimaksud dg hasil pemeriksaan radiolongi yg menuliskan kesan:obs.folikel cyst ovarium sinistra saya ingin hamil anak ke2 dan sdh hb tanpa alat kontrasepsi selama 6bln,tp blm hamil jg dok,apa yg hrs sy dan suami lakukan dok terimakasihi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Berdasarkan hasil radiologi tersebut terdapat gambran adanya kista pada indung telur (ovarium) anda. Selanjutnya, akan lebih tepat jika anda kembali bekonsultasi dengan dokter spsialis kandungan yang sebelumnya menangani anda untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Kami akan jelaskan sedikit mengenai penyakit ini. Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel.

Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan.

Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Namun jika kista tersebut lebih besar dari 6 cm atau bertambah terus, perlu dilakukan tindakan operasi.

Berikut adalah gejala-gejala kista ovarium:

  1. Sering marasakan nyeri di perut
  2. Ukuran perut semakin besar
  3. Susah makan atau tidak nafsu makan
  4. Sering merasa kekenyangan
  5. Sering muntah dan buang air besar
  6. Kembung terus-menerus
  7. Terjadi pendarahan pada vagina
  8. Berat badan turun secara signifikan
  9. Sering merasa lelah dan sakit kepala

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar