Sukses

Masa Subur

12 Jan 2015, 14:09 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok mau tanya memang benar setelah selesai haid itu adalah masa subur??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Masa subur atau dalam bahasa medis disebut masa ovulasi secara umum ditentukan 14(+/-2) hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Namun yang menjadi kendala adalah perhitungan ini hanya berlaku pada seorang wanita yang mengalami siklus haid normal (21 - 35 hari), masa haid normal (3-7 hari), dan tidak mempunyai masalah dalam menstruasinya. Untuk mengatahui apakah siklus haid anda teratur atau tidak dapat anda catat 3 siklus terakhir dan lakukan perhitungan rata - rata untuk menentukan masa subur.

Selain perhitungan, anda dapat membeli alat deteksi masa subur yang anda dapat peroleh di apotel - apotek terdekat. Alat ini memiliki bentuk yang sama untuk mendeteksi kehamilan. Yang membedakan adalah waktu pengambilan sampel kencing. Urin yang digunakan biasanya bukan urin pagi hari karena kadar kandungan hormon yang tinggi pada saat ovulasi baru akan naik pada saat siang hari. Tiap alat akan mungkin akan mempunyai cara pembacaan hasil yang berbeda oleh karena itu harap anda teliti saat membaca instruksi yang ada.

Selain menggunakan alat tersebut, masa ovulasi juga dapat diketahui dengan mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal seorang perempuan yang sedang mengalami ovulasi pada awalnya akan menurun, kemudian meningkat dan menetap pada suhu 37 derajat Celcius hingga siklus menstruasi berikutnya. Cara lain adalah dengan melihat getah serviks (leher rahim). Saat ovulasi, produksi lendir cenderung meningkat dan lebih kental untuk memudahkan jalannya sperma menuju sel telur.

Saran kami, sebaiknya suami dan Anda melepaskan segala jenis kontrasepsi terlebih dahulu dan terapkan pola makan yang teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,
Semoga dapat bermanfaat.
Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar