Sukses

Berhubungan Pasca Kuret

15 Jan 2015, 13:42 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya mau tanya Dok, 31-12-14 saya kuret karna keguguiran dikehamilan pertama,tgl 11-01-15 saya berhubungan dgn suami dan sperma nya itu dikeluarkan di dlm ..saya khawatir tkut terjadi apa2 ..krna info yg saya dptkan pasca kuret itu harus kosong dulu slma 3 bln ..kira2 apakah bahaya untuk saya atau tidak yaa Dok? Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Berhubungan intim setelah kuretase, boleh dilakukan asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Pada umumnya darah sudah tidak keluar lagi setelah 1 minggu pasca kuretase. Anda dan suami boleh melakukan hubungan seksual, tetapi disarankan menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari terjadinya kehamilan saat kondisi dinding rahim belum siap. 

Memang disarankan menunggu hingga lewat 3 siklus menstruasi atau sekitar 3 bulan setelah kuretase sebelum memulai program hamil lagi, untuk menunggu penyembuhan rahim seperti semula, serta supaya Anda siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. Saat ini terkait dengan keluhan Anda, tidak perlu dikhawatirkan, jika memang Anda mengalami keterlambatan menstruasi nantinya kami sarankan Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika memang dinyatakan hamil kembali Anda tidak perlu khawatir, yang terpenting adalah menjaga kehamilan Anda dengan rutin melakukan pemeriksaan Antenatal Care 

Adapun untuk mempersiapkan kehamilan pasca keguguran, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Ketahui masa subur Anda:
  • Ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. 
  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Anda ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas.
  • Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari seperti yang sudah Anda lakukan sebelumnya agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Lakukan hubungan intim 3-4 kali per minggu

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar