Sukses

Muntah Pada Pagi Hari dan Diabetes

15 Feb 2015, 14:19 WIB
Wanita, 15 tahun.

saya mau tanya ibu saya terkena diabetes trus klo pagi sering banget muntah" apa itu akiat diabetes yang diidapnya ???

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Secara definisi, muntah adalah sebuah dorongan untuk mengeluarkan isi perut melalui mulut, terkadang hidung. Muntah dapat disebabkan oleh beberapa keadaan:

  • gastritis (maag)
  • keracunan
  • peningkatan tekanan dalam kepala, misal akibat tumor otak
  • efek samping obat
  • infeksi virus
  • faktor psikologis, seperti bulimia
  • dan sebagainya.

Sayang sekali kami tidak memiliki data mengenai riwayat medis ibu Anda. Apakah selain diabetes, ibu Anda memiliki riwayat sakit maag/lambung sebelumnya? Apakah ada keluhan lainnya seperti demam, sakit kepala, nyeri perut, perubahan pola buang air besar, rasa panas di tenggorokan? Bagaimanakah kontrol gula darah beliau selama ini?

Pada diabetes, terdapat komplikasi yang disebut ketoasidosis. Ketoasidosis adalah salah satu komplikasi akut Diabetes Melitus yang terjadi disebabkan karena kadar glukosa pada darah sangat tinggi. Keadaan tersebut merupakan keadaan serius yang dapat mengancam jiwa. Gejala-gejala yang pertama kali timbul sama seperti gejala-gejala Diabetes Melitus yang tidak diobati. Yakni, mulut kering, rasa haus, intensitas buang air kecil jadi lebih sering (poliuria). Gejala lainnya seperti mual, muntah, dan nyeri perut bisa juga terjadi.

Diagnosa suatu penyakit membutuhkan data wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). Selain itu muntah dapat disebabkan oleh banyak hal oleh karena itu kami sarankan Anda segera membawa ibu Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat di kota Anda untuk mencari tahu penyebab dari muntah-muntah agar ibu Anda mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan ibu Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar