Sukses

Sering Pusing & Ludah disertai Darah

13 Jan 2015, 12:40 WIB
Pria, 36 tahun.

selamat pagi dok, nama sy Anto umur 36 laki-laki, pekerjaan pengajar. keluhan yg sering sy alami pusing/kepala terasa berat di bagian depan terutama pd saat sy sdg mengajar dan itu terjadi setiap ngajar bahkan kadang terasa mau jatuh dan telinga berdengung, keluhan ini jg kadang muncul setelah makan berat terutama mkn malam (apalagi jika porsi bxk) dan sy sdh konsul ke dokter penyakit dalam,dgn memeriksa darah kolesterol total normal, ldl &trigliserida sedikit tinggi, glukosa 112 sehingga dokter mengatakan sakit kepala yg sy alami tdk berhubungan dgn itu semua jd semakin bingung sebenarnya sy sakit apa?, oh ya ludah biasa bercampur darah pada saat kerongkongan/mulut terasa kering dan pd saat setelah minum air putih apalagi jika dilakukan terburu-buru, mohon solusinya dok, jawabanx sy akan tunggu dgn sabar, dan sebelumnya sy khaturkan terimakasih, smg dokter slalu diberi kesehatan dan ilmu

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo. Pusing dapat disebabkan oleh banyak hal dan perlu diperjelas lagi kapan saja pusing dirasakan, apakah sesudah makan, setiap ingin bangun berdiri atau ketika sudah terlalu lelah. Untuk itu perlu lebih diperjelas mengenai penyebab keluhan pusing Anda. Perhatikan apa saja yang memicu keluhan pusing Anda, berapa lama dirasakan dan kapan menghilang atau membaik.

Struktur kepala tertentu sensitif terhadap nyeri , sedangkan otak sendiri tidak sensitif terhadap nyeri . Strutur kepala tersebut adalah :

  • Kulit kepala
  • Aliran darah ke kulit kepala
  • Otot kepala dan leher
  • Pembuluh darah di rongga sinus
  • Pembuluh darah di daerah selaput otak
  • Serabut saraf otak ( saraf cranial V,IX,X )
  • Pembuluh darah besar di otak besar
  • Bagian dari selaput otak yang merupakan dasar dari otak

Gangguan yang terjadi pada salah satu struktur kepala tersebut dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing. Untuk memastikannya, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sulit untuk Kami menentukan penyebab keluhan Anda, jika hanya berdasarkan keluhan yang Anda utarakan.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat pusing menyerang adalah;

  • Minum obat penghilang rasa sakit
  • Istirahat
  • Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat , segeralah datang ke Dokter .

 

Mengenai keluhan darah bercampur ludah. Sejak kapan keluhan itu muncul? Apakah terjadi terus menerus atau ada waktu-waktu tertentu keluhan tersebut muncul? Apakah terdapat riwayat batuk sebelumnya? Apakah Anda perokok? 

Darah tersebut dapat berasal dari saluran pencernaan maupun saluran pernapasan. Pada orang dengan riwayat merokok,bisa menjadi tanda dari penyakit serius, termasuk kanker. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar