Sukses

Ingin Menunda Kehamilan

13 Jan 2015, 11:35 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau tanya. saya ini br menikah dengan suami saya. kami berniat untuk menunda kehamilan. yg sy tau menggunakan alat kntrasepsi sblm mmpunyai anak tdk baik. apkah itu benar? trus bgaimna dg penggunaan kondom dok? apakah sama efeknya? mhon penjelasannya. trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jika Anda sedang dalam program menunda Kehamilan, maka pilihan pertama sesuai dengan urutan prioritas pemilihan KB adalah dengan metode sederhana atau alamiah. Yang paling sering digunakan dan lebih efektif adalah menggunakan metode kalender.

Prinsip dari penggunaan kondom adalah sebagai perisai dari penis sewaktu melakukan koitus dan mencegah pengumpulan sperma dalam vagina. Kefektifan kondom adalah 90% dan masih ada kemungkinan hamil meskipun tetap memakai kondom. 

Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain:

  1. Siklus Teratur
    Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi.

  2. Pantau Kondisi Suhu
    Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesuburan yang dapat digunakan dengan mudah.

  3. Lakukan dengan Bertanggung Jawab

 

Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan sistem kalender. Kelebihan dari metode kontrasepsi ini adalah, karena sifatnya yang tidak menggunakan obat obatan maupun alat, maka sesungguhnya metode ini sangat alamiah, tidak memiliki efek samping, dan tentunya tidak akan menggangu kenikmatan bercinta bagi pasangan. Namun  kekurangan dari sistem ini yakni sistem ini hanya dapat diterapkan bagi wanita wanita yang memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya.

Artikel Terkait

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar