Sukses

Gangguan Pendengaran Akibat Obat (Ototoksik)

31 Aug 2015, 22:22 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, mengapa obat-obat tertentu dapat menimbulkan efek samping gangguan pendengaran ? apakah hal ini dapat disembuhkan setelah berhenti mengkonsumsi obat2an tersebut ? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Ototoksik adalah gangguan yang terjadi pada alat pendengaran yang terjadi karena efek samping dari konsumsi obat-obatan. Gangguan yang terjadi pada pendengaran biasanya bermanifestasi menjadi tuli sensoryneural. Yang dapat bersifat reversibel dan bersifat sementara, atau tidak dapat diubah dan permanen. Semuanya tergantung dari jenis obat dan seberapa besar pengaruh obat tersebut terhadap saraf di telinga.

Obat-obatan yang biasanya memberikan efek ototoksik antaralain adalah obat golongan Aminoglikosida, Loop Diuretics, Obat Anti Inflamasi, Obat Anti Malaria, Obat Anti Tumor, dan Obat Tetes Telinga Topikal.

Oleh karena itu dalam penggunaan obat, hindari mengkonsumsi obat secara sembarangan dan tanpa pengawasan dari dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar