Sukses

Jerawat Vagina

15 Jan 2015, 21:13 WIB
Wanita, 25 tahun.

Di daerah miss v saya, tepatnya di bagian tumbuhnya rambut pubis dekat selangkangan sebelah kanan, muncul benjolan seperti bisul kurang lebih berukuran 2-3 cm. Bila dipegang terasa nyeri dan panas, berwarna kemerahan. Benjolan ini saya sadari timbul bbrp bulan lalu. Setelah itu sembuh, tidak sakit namun benjolan ttp terasa bila diraba. Lalu sekarang benjolan tsb sakit kembali. Apakah berbahaya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami mebutuhkan beberapa informasi. Sejak kapan keluhan dirasakan? Jerawat seperti apa yang Anda maksud, apakah seperti jerawat di wajah atau benjolan? Berapa jumlah, ukuran, warna, letak, nyeri/tidak? Dimanakah letak pasti jerawat yang Anda maksud, apakah muncul di pangkal rambut-rambut kemaluan atau di bagian dalam vagina? Apakah ada keputihan, demam, dan pernah melakukan hubungan seksual?

Jika jerawat muncul di pangkal rambut kemaluan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut sebagai folikulitis. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan area vagina. Terapinya adalah dengan mencukur rambut vagina secara berkala dan menjaga kebersihan vagina. Hindari menggaruk saat gatal karena dapat memperparah rasa gatal dan menimbulkan luka/iritasi.

Sulit bagi kami mendiagnosis penyakit dengan informasi yang sangat terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Sebaiknya Anda memeriksaan diri ke dokter untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan pertanyaan Anda.

Menjaga Kesehatan 'Miss V'

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar