Sukses

Menghentikan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Instan

31 Aug 2015, 19:22 WIB
Wanita, 17 tahun.

Hai dokter. Saya mau bertanya bagaimana cara menghentikan kebiasaan suka mengkonsumsi makanan instan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Makanan instan pada umumnya masih memiliki nilai gizi yang dibutuhkan tubuh walaupun dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding bahan makanan segar.

Yang menjadi kekurangan dari makanan instan adalah bila terdapat bahan pengawet atau bahan kimia lain yang digunakan pada saat produksinya. Jika tertimbun dalam tubuh dalam jumlah yang banyak, dapat memperberat beban kerja hati dan atau ginjal sebagai organ yang berfungsi membuang zat sisa pada tubuh. Untuk itulah, makanan instan sebaiknya dibatasi dalam jumlah kecil saja dan dengan frekuensi yang jarang.

Untuk menghentikan kebiasaan makan makanan instan, maka harus dimulai dari niat dan tekat yang kuat dalam diri sendiri. Anda perlu membangun pikiran positif untuk  menghindari makanan instan. Sebaiknya tidak perlu menyimpan bahan makanan instan di rumah. Hindarilah tempat-tempat yang menyediakan bahan makanan instan, dan hindari lingkungan (orang-orang) yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan instan, agar anda tidak tergoda untuk kembali mengkonsumsi makanan instan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar