Sukses

Guillain-Barre Syndrome

01 Sep 2015, 17:19 WIB
Wanita, 39 tahun.

2 minggu yang lalu selama 3 hari saya mengalami mual dan muntah yang hebat seperti masuk angin karena sebelumnya atifiitas saya banyak di air, ditambah lagi cuaca dingin. Kemudian saya pergi ke RS (tekanan darah normal dan diinjeksi). Setelah diinjeksi, mual dan muntah hilang, sendawa masih keluar sampai sekarang. Namun satu minggu ini saya merasa badan saya kebas pada pinggang sampai kaki dan tebal pada wajah. Lidah saya hambar tidak bisa merasakan rasa makanan, mata saya tidak bisa terpejam secara sempurna, karena setap kali mandi air sabun masuk ke mata. Mata sering kedutan. Jika makan nasi, nasi ada yg keluar dari mulut. Alhamdulillah sekarang kalau makan sudah tiidak ada lagi nasi yg keluar dari mulut. Dokter, sakit apa saya? Apakah ada hubungannya antara saya masuk angin dengan badan kebas dan wajah terasa tebal? Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda diperlukan serangkaian pemeriksaan, sehingga sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosa karena keterbatasan dalam sarana pemeriksaan.

Namun dugaan kami saat ini adalah terjadinya gangguan pada sistem saraf anda dimana, gejala gangguan saraf tidak hanya dirasakan pada kaki (kebas) namun juga pada area wajah (lidah, mata, dan refleks menelan).

Salah satu gangguan sistem saraf yang menunjukkan gejala serupa yaitu GBS atau Guillain-Barre Syndrome, adalah kelainan yang terjadi di mana sistem imunitas (pertahanan) tubuh seseorang menyerang sistem saraf perifer. Gejala pertama yang dirasakan pada kelainan ini adalah berbagai derajat rasa lemah dan kesemutan pada daerah kaki. Kemudian gejala ini akan menyebar secara progresif ke daerah lengan dan tubuh bagian atas. Gejala-gejala ini dapat meningkat dan memburuk sehingga otot-otot tak dapat digunakan sama sekali dan hampir lumpuh total. Biasanya terjadi beberapa hari atau beberapa minggu setelah pasien mengalami gejala infeksi virus pada saluran pernapasan atau pencernaan. Gejala-gejala ini dapat terjadi dalam beberapa hari dan dapat mencapai 3-4 minggu.

GBS dapat menyerang siapa saja, dan bukan suatu penyakit turunan. Insiden GBS akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia, terutama bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

Hingga saat ini tidak diketahui adanya pengobatan terhadap GBS. Namun, terapi dapat mengurangi keparahan penyakit dan meningkatkan tingkat proses penyembuhan pada pasien.

Untuk itu, bila keluhan terus berlanjut, segeralah mencari pertolongan medis karena kondisi yang anda alami beresiko menjadi kondisi yang berbahaya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar