Sukses

Mammae Asesoria

01 Sep 2015, 17:46 WIB
Wanita, 25 tahun.

Maaf donk pertanyaan sblmnya memang kurang jelas.d bawah ketiak sy ada benjolan yg ternyata itu kelenjar air susu dan dokter bedah menganjurkan untuk di lakukan tindakan oprasi..yg jd pertanyaan.apa kah kelenjar itu berbahaya kalao tidak di angkat Ada efek kah nantinya ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tumbuhnya kelenjar air susu dalam hal ini adalah kelenjar payudara pada area tubuh lain selain payudara disebut sebagai mammae asesoria. Kondisi ini masuk dalam kelainan kongenital (bawaan).

Pada pertumbuhan normal, bila bayi sudah lahir seharusnya kelenjar payudara yang di luar lokasi payudara, akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada beberapa wanita, ada kelenjar payudara yang juga tumbuh di luar payudara sendiri. Lokasi paling banyak dimana kelenjar payudara yang tumbuh abnormal tersebut adalah pada ketiak,

Kondisi ini bukanlah suatu kondisi yang berbahaya atau mengancam nyawa. Namun terkadang, apabila tidak diangkat dapat menimbulkan nyeri yang mengganggu. Rasa nyeri bertambah seiring dengan siklus menstruasi.

Maka jelas indikasi dilakukannya pembedahan pada kelainan ini adalah karena gangguan kosmetik (terlihat adanyabenjolan pada ketiak) atau apabila benjolan menimbulkan nyeri yang mengganggu. Keputusan untuk dilakukannya pembedahan tetap atas persetujuan pasien. Untuk itu anda dapat memikirkan kembali, tidak perlu tergesa-gesa, mengenai akankah anda menjalani terapi pembedahan atau tidak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar