Sukses

Nyeri Tungkai Saat Bangun Pagi

01 Sep 2015, 17:54 WIB
Pria, 45 tahun.

Slmt malam Dokter, Sy mhn ijin bertanya prhal yg dialami oleh istri sy, beliau usianya 40th, tb-nya sktr 170cm, bb-nya sktr 95kg. Hal yg dirasakan nya berada di sekitar tungkai kaki kanan, dimana hampir setiap bangun dari tidur, atau mau berdiri dari duduk atau ketika pertama kali mau menapakkan kaki dilantai maka yg dirasakan di tungkai kaki kanan sakit seperti dipukuli palu. Jadi saat ini bila mau menapak ke lantai dilakukan semacam peregangan di bagian tungkainya dl, stlh peregangan baru enak utk jalan, stlh beraktifitas sktr 2 jam terasa capek. Hal ini terjadi sdh sktr 2 bln ini. Mhn petunjuk apa yang hrs dilakukan dan apa yg hrs dihindari. Bila hrs konsultasi ke dokter maka ke dokter spesialis apa ? Terimakasih untuk jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Pada umumnya sakit di telapak kaki ini terasa saat bangun tidur atau setelah beraktivitas lama disebabkan oleh suatu kondisi radang pada jaringan lunak yang disebut Fasciitis Plantaris.

Nyeri yang ditimbulkan bisa berintensitas ringan sampai tinggi tergantung seberapa berat peradangan pada ligamen. Kaki mungkin terasa lemah, teriritasi bahkan hingga bengkak.

Beberapa penyebab nyeri di telapak kaki:

  • bentuk lengkungan telapak kaki yang terlalu tinggi atau terlalu datar
  • Aktifitas fisik berlebihan pada kaki misalnya terlalu banyak berjalan, berdiri dalam waktu lama pada alas yang keras
  • Kelebihan berat badan
  •  Penggunaan alas kaki atau sandal yang tidak cocok
  • Memiliki otot betis atau tendon achilles yang ketat

Sampai saat ini belum ada pengobatan tunggal yang spesifik untuk plantar fasciitis, untuk mengurangi nyeri dan peradangan tips berikut dapat dicoba:

  • Istirahatkan kaki

Untuk sementara istirahatkan kaki, kurangi berjalan, menaiki tangga dan berdiri di permukaan yang keras.

  • Untuk mengurangi peradangan cobalah untuk mengkompres telapak kaki dengan air es
  • Obat pereda nyeri

Jika diperlukan minum obat pereda rasa nyeri yang mengandung ibuprofen, naprosen atau aspirin.

Jika peradangan masih berlanjut hubungi dokter untuk diberikan terapi lebih lanjut misalnya fisioterapi, kortikosteroid atau diberikan alat bantu khusus untuk menyeimbangkan beban tubuh. Pada kasus kronis Radial Shock Wave Therapy (RSWT) memberikan hasil yang cukup bagus.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar