Sukses

Gatal di Rambut Kemaluan

08 Mar 2015, 21:48 WIB
Pria, 25 tahun.

Ketika remaja sekitar rambut kemaluan saya sering kali terasa gatal, saya membiarkan saja hal tersebut dan terkadang menggaruknya. Saya tidak pernah melakukan pengobatan karena tidak tahu dan sedikit malu mengenai hal tersebut. Gatal tersebut terkadang hilang sendiri tanpa diobati. Masalah lainnya adalah terkadang muncul bisul atau jerawat di sekitar rambut kemaluan bahkan di batang penis. Jika dipencet akan keluar nanah mirip jerawat/bisul. 1. Bagaimanakah mencegah dan mengobati gatal-gatal/bisul tersebut ? Adakah obat yang aman digunakan secara mandiri ? 2. Apakah gatal-gatal tersebut dapat menganggu reproduksi saya ?, Secara saat ini saya dalam usia yang siap untuk menikah. 3. Bolehkah mencukur rambut kemaluan pada pria ? Apa kerugian dan keuntungan melakukannya ? Terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima Kasih atas pertanyaan Anda.

Kemungkinan besar Anda menderita folikulitis yaitu peradangan atau infeksi yang terjadi pada folikel rambut. Infeksi pada awalnya disebabkan oleh adanya gesekan dari rambut ke pakaian, mencukur, atau blokade dari tumbuhnya rambut yang dapat disertai infeksi yang nantinya berakibat infeksi dan radang pada akar rambut. 

Gejala yang dapat muncul adalah : radang, adanya bentuk seperti jerawat yang dapat mengeluarkan nanah, dan gatal. 

Yang Anda dapat lakukan adalah selalu bersihkan daerah kemaluan agar lebih higenis, dan cobalah untuk mengganti celana dalam misalnya berkeringat, namun sangat penting untuk membawa diri anda ke dokter penyakit kulit untuk dilakukan pemeriksaan, sebab bila terjadi hal ini biasanya akan mendapat terapi antibiotik.

 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar