Sukses

Keadaan Gigi Yang Berlubang dan Berplak

28 Jan 2015, 12:19 WIB
Pria, 18 tahun.

dok, gigi saya kondisinya buruk , saya takut ini akan mengganggu karir saya dalam perguruan tinggi atau saat berkerja, kondisinya seperti gigi berlubang dan plak

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi gigi Anda. Gigi yang berlubang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, selain dapat menyebabkan bau mulut gigi berlubang juga bisa  berdampak sangat serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya seperti perawatan saluran akar gigi maka gigi akan dicabut. 

Untuk menghilangkan plak yang bercampur dengan sisa makanan maka perlu dilakukan penyikatan gigi yang benar dan tepat 2 kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, dan untuk menghilangkan karang gigi yang telah terbentuk diperlukan bantuan dokter gigi karena karang gigi tidak dapat dibersihkan sendiri serta membutuhkan alat khusus baik alat manual maupun mesin.

Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut. Semakin cepat perawatan dilakukan maka semakin baik, karena gigi berlubang yang lama dibiarkan dapat menyebabkan infeksi dan menjadi sumber infeksi yang membahayakan kesehatan.

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar