Sukses

Melihat Seperti Tetesan Air

01 Sep 2015, 20:12 WIB
Pria, 20 tahun.

di mata saya sering ada pandangan sprti tetesan air, tapi tidk bgitu jelas, dn hnya terlihat jika saya di outdoor. dan warnanya transparan. dan hnya terliht jika saya ingin melihtnya. jadi ridk setiap saat terliht, tapi jika saya iingin memfokuskan mata untuk melihtnya, maka itu akan terliht. apakah itu floaters??? dn apa yg harus saya perbuat?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan keluhan dirasakan? apakah Anda memiliki riwayat alergi, riwayat trauma/cedera pada mata, atau iritasi pada mata? Apakah ada keluhan lain yang menyertai selain bayangan hitam?

Melihat Bayangan yang melayang pada mata bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya ada benda asing (kotoran, debu, dll) pada kornea mata sehingga menghalangi pandangan. Bayangan yang melayang tersebut bisa juga merupakan "eye floaters".

Floaters adalah titik-titik atau seperti debu-debu kecil yang terkadang Anda lihat di lapangan pandang Anda. Biasanya hal ini lebih terlihat jelas jika Anda berada di bawah sinar matahari, lampu yang terang atau melihat latar belakang putih. Floaters bisa jadi merupakan suatu kondisi yang serius jika dibarengi dengan adanya semacam kilatan cahaya pada pandangan Anda. 

Floaters merupakan suatu gumpalan kecil dari sisa buangan selular di dalam vitreous (cairan seperti jeli) yang mengisi rongga mata kita. Meskipun floater seperti terlihat ada di depan mata, tapi sesungguhnya mengapung di cairan vitreous di dalam mata dan memantulkan bayangan di retina. Menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah dapat mengerakkan floaters menjauh dari pandangan mata.

Floaters sendiri merupakan suatu proses penuaan alami yang terjadi bila cairan vitreous mengalami degenerasi. Floaters dan adanya kilatan cahaya perlu diwaspadai bila vitreous tersebut menarik retina dan terjadi robekan. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan di mata dan dapat menyebabkan kebutaan. Segeralah Anda berkonsultasi dengan dokter mata bila tiba-tiba Anda melihat floaters dan kilatan cahaya dalam jumlah yang banyak. 

Tidak ada cara untuk mencegah floaters yang disebabkan oleh proses penuaan. Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kesehatan mata dan menjalani pemeriksaan mata rutin. Jika Anda melihat floaters tersebut, cobalah gerakkan mata Anda ke atas dan ke bawah untuk menghilangkannya.

Tidak ada tindakan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan floaters. Floaters biasanya akan hilang dengan sendirinya. 

Untuk memastikan tidak ada penyebab lain atau kelainan pada mata Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar