Sukses

Membiasakan Anak Rajin Belajar

20 Feb 2015, 11:29 WIB
Pria, 59 tahun.

Anak bungsu saya berusia 4,5 thn sdh msk TK,nampaknya cukup cerdas namun malas belajar kenapa Dok ?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Memang dibutuhkan kesabaran dan kreatifitas orang tua agar buah hati terbiasa untuk belajar. Berikut beberapa saran yang dapat Anda terapkan di rumah:

  1. Buat Belajar Nyaman
    Proses belajar tidak harus dalam suasana sepi. Anda bisa menyalakan musik untuk membuat suasana belajar nyaman untuk mereka. Pilih musik yang pelan dan tenang. Beberapa orang menyarankan jangan menyetel musik dengan banyak lirik. Ini hanya akan membuat mereka teralihkan. 

  2. Batasi TV dan Internet
    Sehari cukup 2 jam saja untuk mereka melihat TV atau Internet. Gantikan dengan membaca atau bermain bersama Anda. Dengan begini, otak mereka akan berkembang lebih cepat daripada nonton TV atau main Internet.

  3. Pilihlah Mainan yang Dapat Menstimulasi Otak Anak
    Anak jaman sekarang terbiasa main game di gadget. Tapi pilih mainan yang bisa mengembang daya pikir mereka. Disarankan untuk memilih game tentang puzzle, bangun ruang, atau interactive books. Anak bisa belajar dan bermain secara bersamaan.

  4. Istirahat yang Cukup
    Pastikan anak mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Jangan ganggu mereka tidur kalau tidak ada hal yang penting. Istirahat yang cukup akan menambah konsentrasi dan fokus belajar.

  5. Beri Makanan yang Sehat
    Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan amat penting untuk pertumbuhan otak anak. Sayur bayam dan buah alpukat tinggi asam folat yang bagus untuk membantu perkembangan otak. Keduanya juga tinggi zat besi dan energi agar anak tidak mudah lelah.

Turut kami sertakan artikel terkait kecerdasan anak untuk Anda baca:

Demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar