Sukses

Menurunkan Berat Badan dengan Diet Mayo

18 Feb 2015, 08:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

selamat malam dok, saya memiliki berat bada :)an 52 dengan tinggi 153. saya sudah terlihat gendut, dan merasa gendut. kalau saya akan melakukan diet mayo, sbenarnya diet mayo itu pagi nya sebaiknya sarapan karbo atau hanya minum teh? krn setau saya, tidak sarapan itu mngakibatkan naiknya berat badan dengan cepat. terima kasih dok jawabanny

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Dengan berat badan 52 kg dan tinggi badan 153 cm, Anda masih termasuk ke dalam berat badan ideal. Anda masih dapat menurunkan berat badan jika Anda ingin, namun jangan sampai masuk kategori kurang (underweight).

Silahkan klik indeks massa tubuh (IMT) untuk mengetahui dengan cepat status IMT Anda saat ini.

Diet mayo merupakan program penurunan berat badan yang dibuat oleh ahli kesehatan dari Mayo Clinic di Minnesota. Tujuan utama diet ini adalah menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang dan membiasakan gaya hidup sehat.

Diet mayo terdiridari 2 fase, yaitu:

1. Lose it!

Pada fase ini Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,7 – 4,5 kg dalam 2 minggu dengan cara yang sehat dan fokus pada gaya hidup / kebiasaan. Anda harus berusaha menghilangkan 5 kebiasaan buruk dan menambah 5 kebiasaan sehat. Pada fase ini, Anda juga diharuskan melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit setiap harinya.

2. Live it!

Pada fase ini kita mempelajari cara memilih makanan, menentukan porsi makan, pernecanaan makanan, dan melakukan kebiasaan sehat. Program penurunan berat badan pada fase ini adalah 0,5 – 1 kg setiap minggu sampai mencapai berat badan yang diharapkan. Pada fase ini Anda juga belajar menetapkan target berat badan dan menerapkan pola makan yang sehat seterusnya. Olahraga teratur (30 menit/hari) juga merupakan bagian penting dari fase ini.

Beberapa pilihan makanan yang boleh dikonsumsi saat menjalani diet mayo adalah buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, makanan tinggi protein seperti ikan, kacang-kacangan, lemak tidak jenuh seperti olive oil, kacang, alpukat, gula, dalam jumlah sedikit

Anda tetap bisa memakan makanan favorit Anda seperti pizza, tapi tidak dalam jumlah banyak dan tidak terlalu sering. Alkohol merupakan salah satu yang dilarang selama fase “Lose it!”. Setelah melewati fase tersebut, Anda boleh mengkonsumsi sedikit alkohol, maksimal  75 kalori/hari. Meskipun demikian, meninggalkan alkohol sama sekali lebih banyak manfaat kesehatannya dibandingkan sekedar mengkonsumsinya dengan moderat (pembatasan).

Dasar dari diet mayo adalah healthy weight pyramid, dengan memilih makanan rendah kalori dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. 

Diet mayo secara umum aman dilakukan untuk orang dewasa. Memang belum ada studi yang menilai keberhasilan diet mayo. Namun diet ini dibuat oleh ahli kesehatan berdasarkan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan program penurunan berat badan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba.

Kelebihan diet ini adalah sangat fleksibel dan memberikan banyak pilihan makanan. Diet mayo akan lebih baik jika Anda melakukan olahraga teratur 30 menit sehari, Anda bisa melakukan setelah Anda bekerja. 

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar