Sukses

Gangguan Telinga Karena Menyelam

18 Feb 2015, 08:47 WIB
Pria, 22 tahun.

mau tanya dok, saya hobi menyelam, kemarin saat menyelam tiba2 telinga kanan saya seperti keluar udara terus2an, saya langsung naik ke permukaan, setelah dipermukaan kepala saya pusing (seperti orang kena vertigo *losebalance) setelah sudah stabil, saya coba nyelem lagi tp skarang cuma menyelam kira2 30cm, kuping kanan masih sama dan agak sedikit sakit, dan pas muncul ke permukaan pusing lagi. itu masalahnya kenapa ya ? apa saya salah equalisasi ? bagaimana penyembuhannya ? Thx

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut sebagai barotrauma, yaitu cedera telinga akibat perubahan tekanan udara. Perubahan tekanan udara yang cepat menyebabkan gendang telinga meregang dan tertarik ke dalam, inilah yang menyebabkan nyeri. Hal ini juga dapat menyebabkan vertigo seperti yang Anda rasakan.

Untuk mengurangi gejala pada barotrauma Anda dapat melakukan hal di bawah ini:

  • menguap
  • mengunyah permen karet
  • latihan pernapasan
  • menggunakan antihistamin dan dekongestan (sesuai petunjuk dokter)

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap telinga Anda sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar